Tentang Kami LSP SMK Negeri 1 Godean


Arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation.

Setelah tahun 2015 merupakan era dimana kita dituntut harus menghadapi era globalisasi diantaranya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah berlangsung di akhir tahun 2015. dan World Trade Organization (WTO) yang akan berlangsung tahun 2020 .

Persaingan dan kompetensi dari sumber daya manusia saat ini semakin kompetitif, setiap manusia dituntut mempunyai kompetensi yang diakui di bidangnya masing- masing.

Perkembangan teknologi dan kemajuan Industri menentut kita agar meningkatkan kompetensi agar kita bisa tetap bertahan dengan segala tuntutan yang ada, dalam hal ini seluruh masyarakat yang telah memiliki profesi dan sedang mencari pekerjaan sangat dianjurkan agar kompetensi yang dimiliki segera di sertifikasi untuk pengakuan kompetensi.

Sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah serta Keinginan Presiden Joko Widodo melalui Inpres Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK maka hadirnya Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P1) SMKN 1 Godean membawa angin segar bagi Sumber Daya Manusia yang bekerja di bidang Bisnis dan Manajeman serta Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk dapat memiliki sertifikat kompetensi dalam profesinya.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 SMKN 1 Godean adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan nomor lisensi BNSP-LSP-1332-ID. Didirikan pada tanggal 2 Desember 2016 lembaga ini memperoleh lisensi pada tanggal 19 September 2019 dengan 3 skema, yaitu: Skema Sertifikasi Kualisi II Teknisi Akuntansi Yunior, Skema Sertifikasi KKNI Level II Pada Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dan Skema Sertifikasi KKNI Level II Pada Kompetensi Keahlian Multimedia. LSP SMKN 1 Godean saat ini memiliki 13 Asesor.